Langsung ke konten utama

Apps Sites : Langkah Membuat Sites

Setelah sebelumnya dibahas apa itu google sites di sini yang menjelaskan semua kelebihan membuat web dengan google sites, sekarang kita akan bahas bagaimana cara membuat sites, mengedit dan membagikannya atau dengan kata lain sharing sites ke pengguna akun google lainnya.

Untuk membuat sites atau melihat daftar sites yang ada/pernah dibuat, kita bisa buka link https://sites.google.com/ atau melalui panel aplikasi seperti pada gambar di bawah ini.



Kemudian pada sidebar sebelah kiri klik tombol CREATE untuk membuat sites baru.

Jika ingin menggunakan template yang sudah disediakan, pilih Browse the gallery for more atau jika ingin membuat template sendiri pilih Blank template. Kemudian masukkan nama sites yang akan dibuat pada kolom Name your site, usahakan nama merupakan sesuatu yang unik karena selain digunakan sebagai alamat URL juga untuk menghindari kesamaan nama dengan sites yang sudah ada.


Kemudian jika ingin menggunakan tema, bisa memilih pada menu select a theme, dan untuk menu more options bisa dipilih jika ingin memberi kategori dan deskripsi pada sites yang dibuat.

Nah jika semua pengaturan sudah selesai kita tinggal klik tombol CREATE yang berada di bagian atas, maka sites yang dibuat sudah selesai dan bisa diakses dengan cara mengunjungi alamat URL nya.


Setelah sites berhasil dibuat page atau halaman standar yang tersedia yaitu hanya page home saja, untuk menambah pages pertama klik tombol New page yang ada di sebelah kanan atas halaman.

Pada layar berikutnya masukkan nama page/halaman yang akan dibuat, URL halaman muncul secara otomatis menyesuaikan dengan nama halaman.
Kemudian pilih template halaman yang ingin digunakan. Kita akan melihat beberapa pilihan, masing-masing dirancang untuk membantu mengatur konten halaman dengan cara yang berbeda.


Kita bisa melakukan banyak hal dengan page/halaman ini, seperti menambahkan teks berupa artikel atau sejenisnya, memasukkan foto, video, embed dari google drive dan konten-konten lainnya.
Untuk memahami lebih dalam tentang page, klik Learn more.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apps Gmail : Menambahkan Signature di Gmail

Kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara menambahkan signature di gmail. Nah, Apa itu Signature? Mungkin sering kali kata signature itu di terjemahkan adalah "tanda tangan", tetapi rasanya disini itu kurang pas artinya. Jadi menurut google sendiri signature disini itu bisa semacam Informasi kontak ( Contact Information ), atau bisa juga berupa kutipan favorit( Favorite Quote ). Jika kita mengaktifkan fitur signature ini, maka akan otomatis ada setiap kita akan mengirim e-mail yang letak nya di bawah. Contoh bentuk signature bisa dilihat dari gambar dibawah ini: Kita bisa mengatur signature kita sendiri, tergantung kita ingin menampilkan informasi apa kepada penerima email nanti. Ok, langsung saja ya.. Langkah pertama ,  kita harus login dahulu ke akun gmail. Kemudian  klik ikon " Gear " lalu pilih menu " Setting ", lalu pilih  tab  General . Langkah kedua, cari menu signature (id:tanda tangan) di halaman bawah, kemudian pi...

Apps Drive : Tampilan Baru Google Drive yang Yang Lebih Powerfull

Google Drive Baru masih sama dengan dengan Google Drive lama yang selama ini kita kenal, tetapi kinerjanya lebih cepat dan terasa seperti mengoperasikan eksplorer di komputer kita. Di Gdrive baru ini kita bisa : Membuat, menambah atau meng-upload file dengan satu tombol. Mencari & menambahkan file yang dibagikan bersama lebih mudah. Klik sekali pada file untuk memilihnya & klik dua kali untuk membukanya. Fitur Drag-and-Drop file & folder seperti yang dilakukan di desktop. Peningkatan aksesibilitas. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak cuplikan video berikut : Bagaimana, menarik bukan ? Untuk mendapatkannya, klik menu Setting kemudian pilih Coba Drive Baru. Atau jika sudah ada pada halaman utama akan muncul opsi khusus ke GoogleDrive baru. Namun jika belum bisa, harap bersabar. Google secara bertahap akan menyediakan untuk semua pengguna.

Aplikasi Sistem Informasi Eksekutif

Ilustrasi (Pixabay) Sistem Informasi Eksekutif adalah sebuah sistem informasi yang di desain secara khusus untuk top level manajemen. Fungsinya cukup penting karena menyajikan data-data organisasi secara komprehensif, baik data yang bersumber dari internal organisasi maupun data dari luar organisasi. Kedua data ini tentu akan menjadi pegangan seorang pimpinan organisasi dalam menentukan langkah organisasi kedepan. Dalam prakteknya sistem informasi eksekutif   sering kali menyajikan data-data ringkas berupa grafik dan visual tertentu, tujuannya untuk memberikan informasi yang dapat dipahami dengan cepat. Beberapa hal yang harus tersedia di dalam sebuah sistem informasi eksekutif diantaranya adalah: Informasi berupa grafik atau visual lainnya yang mudah dipahami Alat penyesuaian data untuk mendapatkan data yang diinginkan Alat ukur berupa indikator untuk memudahkan pembacaan data Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sistem informasi eksekutif adal...