(Gambar : ultoffice.com) |
Sekarang kita akan melanjutkan tahapan dasar dalam Mengelola File dengan Drive, untuk yang belum membaca tahap sebelumnya klik Apps Drive : Mengelola File dengan Drive Bag.1 (Setup & Instalasi Client Drive di Windows) .
Pada tahap ini yaitu tahap yang kedua merupakan cara Mengelompokkan File yang ada di dalam drive melalui web browser. Karena untuk yang menggunakan Client Drive langkah-langkahnya pasti sudah pada tau, soalnya proses pengelolaan file nya sangat mudah.
Oke, sekarang kita mulai bahas langkah-langkahnya. Pertama, buka akun drive-nya kemudian kita buat folder dengan cara klik tombol “Create” pada halaman utama. Pilih menu “Folder” kemudian beri nama, misalnya “Arsip Document”. Buat beberapa folder untuk masing-masing kategori yang teman-teman inginkan.
( Gambar 1 : Buat Folder )
|
Kita bisa mengganti warna folder sesuai keinginan kita, caranya yaitu pilih folder yang akan diganti warnanya (ceklis pada kotak pilihan yang ada di sampingnya) kemudian klik menu “More” dan pilih sub menu “Change Color”. Pilih warnanya pada palet warna yang tersedia.
Setelah folder-folder nya siap, sekarang kita pindahkan file-file yang ada ke dalam folder berdasarkan kategori tertentu. Sebagai contoh disini saya mengelompokkan berdasarkan jenis file. Tandai file-file yang akan dipindah ke folder kemudian klik menu "Move to", pilih nama folder tujuan atau klik "Create New Folder" untuk membuat folder baru kemudian klik tombol "Move".
( Gambar 3 : Pindah File )
|
Bisa juga dengan cara klik kanan pada file yang akan dipindahkan kemudian pilih “Move to”.
( Gambar 4 : pindah file )
|
Atau bisa juga dengan cara “drag & drop” langsung file ke folder tujuan. Terserah teman-teman mana cara yang paling mudah.
( Gambar 5 : Pindah file )
|
Nah, untuk tahap Mengelompokkan File sudah selesai saya bahas. Karena sekarang masih ada kesibukan lain yang belum selesai, untuk tahap selanjutnya yaitu cara Mengatur Hak Akses File akan saya bahas di artikel selanjutnya.
Sampai jumpa lagi !
Komentar
Posting Komentar