Langsung ke konten utama

Apps Drive : Mengelola File Dengan Drive Bag.2 (Mengelompokkan File)

(Gambar : ultoffice.com)
Sekarang kita akan melanjutkan tahapan dasar dalam Mengelola File dengan Drive, untuk yang belum membaca tahap sebelumnya klik Apps Drive : Mengelola File dengan Drive Bag.1 (Setup & Instalasi Client Drive di Windows) .

Pada tahap ini yaitu tahap yang kedua merupakan cara Mengelompokkan File yang ada di dalam drive melalui web browser. Karena untuk yang menggunakan Client Drive langkah-langkahnya pasti sudah pada tau, soalnya proses pengelolaan file nya sangat mudah.

Oke, sekarang kita mulai bahas langkah-langkahnya. Pertama, buka akun drive-nya kemudian kita buat folder dengan cara klik tombol “Create” pada halaman utama. Pilih menu “Folder” kemudian beri nama, misalnya “Arsip Document”. Buat beberapa folder untuk masing-masing kategori yang teman-teman inginkan.

( Gambar 1 : Buat Folder )

Kita bisa mengganti warna folder sesuai keinginan kita, caranya yaitu pilih folder yang akan diganti warnanya (ceklis pada kotak pilihan yang ada di sampingnya) kemudian klik menu “More” dan pilih sub menu “Change Color”. Pilih warnanya pada palet warna yang tersedia.
( Gambar 2 : Ganti warna )
Setelah folder-folder nya siap, sekarang kita pindahkan file-file yang ada ke dalam folder berdasarkan kategori tertentu. Sebagai contoh disini saya mengelompokkan berdasarkan jenis file. Tandai file-file yang akan dipindah ke folder kemudian klik menu "Move to", pilih nama folder tujuan atau klik "Create New Folder" untuk membuat folder baru kemudian klik tombol "Move".

( Gambar 3 : Pindah File )

Bisa juga dengan cara klik kanan pada file yang akan dipindahkan kemudian pilih “Move to”.

( Gambar 4 : pindah file )



Atau bisa juga dengan cara “drag & drop” langsung file ke folder tujuan. Terserah teman-teman mana cara yang paling mudah.
( Gambar 5 : Pindah file )


Nah, untuk tahap Mengelompokkan File sudah selesai saya bahas. Karena sekarang masih ada kesibukan lain yang belum selesai, untuk tahap selanjutnya yaitu cara Mengatur Hak Akses File akan saya bahas di artikel selanjutnya.


Sampai jumpa lagi !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apps Gmail : Menambahkan Signature di Gmail

Kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara menambahkan signature di gmail. Nah, Apa itu Signature? Mungkin sering kali kata signature itu di terjemahkan adalah "tanda tangan", tetapi rasanya disini itu kurang pas artinya. Jadi menurut google sendiri signature disini itu bisa semacam Informasi kontak ( Contact Information ), atau bisa juga berupa kutipan favorit( Favorite Quote ). Jika kita mengaktifkan fitur signature ini, maka akan otomatis ada setiap kita akan mengirim e-mail yang letak nya di bawah. Contoh bentuk signature bisa dilihat dari gambar dibawah ini: Kita bisa mengatur signature kita sendiri, tergantung kita ingin menampilkan informasi apa kepada penerima email nanti. Ok, langsung saja ya.. Langkah pertama ,  kita harus login dahulu ke akun gmail. Kemudian  klik ikon " Gear " lalu pilih menu " Setting ", lalu pilih  tab  General . Langkah kedua, cari menu signature (id:tanda tangan) di halaman bawah, kemudian pi...

Apps Drive : Tampilan Baru Google Drive yang Yang Lebih Powerfull

Google Drive Baru masih sama dengan dengan Google Drive lama yang selama ini kita kenal, tetapi kinerjanya lebih cepat dan terasa seperti mengoperasikan eksplorer di komputer kita. Di Gdrive baru ini kita bisa : Membuat, menambah atau meng-upload file dengan satu tombol. Mencari & menambahkan file yang dibagikan bersama lebih mudah. Klik sekali pada file untuk memilihnya & klik dua kali untuk membukanya. Fitur Drag-and-Drop file & folder seperti yang dilakukan di desktop. Peningkatan aksesibilitas. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak cuplikan video berikut : Bagaimana, menarik bukan ? Untuk mendapatkannya, klik menu Setting kemudian pilih Coba Drive Baru. Atau jika sudah ada pada halaman utama akan muncul opsi khusus ke GoogleDrive baru. Namun jika belum bisa, harap bersabar. Google secara bertahap akan menyediakan untuk semua pengguna.

Aplikasi Sistem Informasi Eksekutif

Ilustrasi (Pixabay) Sistem Informasi Eksekutif adalah sebuah sistem informasi yang di desain secara khusus untuk top level manajemen. Fungsinya cukup penting karena menyajikan data-data organisasi secara komprehensif, baik data yang bersumber dari internal organisasi maupun data dari luar organisasi. Kedua data ini tentu akan menjadi pegangan seorang pimpinan organisasi dalam menentukan langkah organisasi kedepan. Dalam prakteknya sistem informasi eksekutif   sering kali menyajikan data-data ringkas berupa grafik dan visual tertentu, tujuannya untuk memberikan informasi yang dapat dipahami dengan cepat. Beberapa hal yang harus tersedia di dalam sebuah sistem informasi eksekutif diantaranya adalah: Informasi berupa grafik atau visual lainnya yang mudah dipahami Alat penyesuaian data untuk mendapatkan data yang diinginkan Alat ukur berupa indikator untuk memudahkan pembacaan data Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sistem informasi eksekutif adal...