Langsung ke konten utama

Apps Calendar : Menambahkan Acara dan Janji di Google Calendar Bag.2



Melanjutkan tutorial yang sebelumnya, pada tutorial ini saya akan membahas cara menambahkan jadwal acara dan janji dengan cara yang selanjutnya, yaitu melalui menu google Calendar List, Quick Add dan dengan tombol Create.

Ok, let's see.!

Melalui menu Calendar List:
Pertama, pada menu Calendar List yang berada di sebelah kiri, klik tanda panah(down-arrow) seperti pada gambar, kemudian pilih menu "Create event on this calendar".

Langkah kedua, lalu akan masuk ke halaman baru yang dimana, di halaman ini kita bisa memasukan informasi tentang jadwal acara yang akan dibuat secara lebih detail. Di halaman ini kita juga bisa menambahkan tamu(add guest), pengingat(Add a reminders), dan mengundang orang lain ke acara kita(invite other users to your event.)

Langkah ketiga, ubah zona waktu nya, dengan cara klik pada link "Time Zone". Kemudian akan muncul pop-up, maka sesuaikan zona waktunya sesuai dengan tempat kita tinggal. Jika sudah disesuaikan, klik “Done” untuk menyimpan. 




Langkah keempat, jika kita sudah selesai  mengisi  informasi dan menentukan pengaturannya, klik tombol “Save”.


Melalui menu Quick Add :
Pertama, pada sebelah kiri tombol "Create", klik tanda panah(Down-arrow), maka akan muncul kolom(field) Quick Add.


Selanjutnya, disini kita diharuskan mengisi (what & when) dan optional bagi (who & where), maksudnya apa? Lihat penjelasan berikut:
  • What : Disini maksudnya kita menuliskan nama acaranya,
  • When: Disini maksudnya kita memasukan tanggal dan waktu acaranya. Menggunakan 'at' and 'on' bisa membantu.
  • Who : Disini maksudnya kita bisa memasukan daftar tamu yang dimulai dengan kata 'with' yang diikuti oleh daftar email.
  • Where: Disini maksudnya kita bisa memasukan tempat acara yang diikuti 'at' atau 'in'.

Nah, setelah di klik Add maka acara akan langsung ditambahkan ke google Calendar dan selesai!

Beberapa tips menggunakan Quick Add:
Jika ada nama lokasi yang menggunakan tanggal dan waktu, seperti 'Taco Tuesdays' or 'Café 3pm', gunakan tanda kutip untuk menghindari Quick Add membuat acara pada hari Selasa(Tuesday) atau pada pukul 3pm.
contoh : [lunch with John at "Taco Tuesdays" Friday 12 pm]

Jika memasukan waktu tanpa tanggal Quick Add akan membuat acara pada tanggal yang terdekat ; 
contoh :[Coach Volleyball at 5pm].

Jika tidak memasukan waktu mulai dan waktu akhir Quick Add akan membuat acara nya sepanjang hari pada tanggal itu.
contoh : [School holiday 8/14].

Jika tidak memasukan waktu akhir, Quick Add akan membuat acara nya sepanjang 1 jam saja.
contoh : [Staff meeting next Monday at 13:00].


Kita dapat menentukan awal dan akhir waktu baik menggunakan rentang waktu atau interval waktu.

contoh:

  • [Running w/ Marie 4:15 tomorrow for 45 minutes].
  • [Running w/ Marie 4:15 - 5 pm tomorrow].

Untuk banyak hari bisa di tentukan menggunakan rentang tanggal.
contoh : [National Conference 9/23 - 9/26 in Atlanta].

Untuk menambahkan seseorang ke daftar tamu, tinggal masukan alamat emailnya
contoh: [Parent-Teacher Conference tomorrow noon mr.smith@myschool.org].

Note: Untuk cara dengan tombol "Create" saya tidak jelaskan karena pada dasarnya sama, kita tinggal mengklik tombol "Create", maka akan masuk pada halaman detail informasi seperti pada cara menu Calendar List.

Nah, menarik bukan google Apps ini? Ok, cukup sekian tutorial dari saya dan semoga tutorial ini bermanfaat, dan tunggu juga untuk tutorial-tutorial selanjutnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apps Gmail : Menambahkan Signature di Gmail

Kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara menambahkan signature di gmail. Nah, Apa itu Signature? Mungkin sering kali kata signature itu di terjemahkan adalah "tanda tangan", tetapi rasanya disini itu kurang pas artinya. Jadi menurut google sendiri signature disini itu bisa semacam Informasi kontak ( Contact Information ), atau bisa juga berupa kutipan favorit( Favorite Quote ). Jika kita mengaktifkan fitur signature ini, maka akan otomatis ada setiap kita akan mengirim e-mail yang letak nya di bawah. Contoh bentuk signature bisa dilihat dari gambar dibawah ini: Kita bisa mengatur signature kita sendiri, tergantung kita ingin menampilkan informasi apa kepada penerima email nanti. Ok, langsung saja ya.. Langkah pertama ,  kita harus login dahulu ke akun gmail. Kemudian  klik ikon " Gear " lalu pilih menu " Setting ", lalu pilih  tab  General . Langkah kedua, cari menu signature (id:tanda tangan) di halaman bawah, kemudian pi...

Apps Drive : Tampilan Baru Google Drive yang Yang Lebih Powerfull

Google Drive Baru masih sama dengan dengan Google Drive lama yang selama ini kita kenal, tetapi kinerjanya lebih cepat dan terasa seperti mengoperasikan eksplorer di komputer kita. Di Gdrive baru ini kita bisa : Membuat, menambah atau meng-upload file dengan satu tombol. Mencari & menambahkan file yang dibagikan bersama lebih mudah. Klik sekali pada file untuk memilihnya & klik dua kali untuk membukanya. Fitur Drag-and-Drop file & folder seperti yang dilakukan di desktop. Peningkatan aksesibilitas. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak cuplikan video berikut : Bagaimana, menarik bukan ? Untuk mendapatkannya, klik menu Setting kemudian pilih Coba Drive Baru. Atau jika sudah ada pada halaman utama akan muncul opsi khusus ke GoogleDrive baru. Namun jika belum bisa, harap bersabar. Google secara bertahap akan menyediakan untuk semua pengguna.

Aplikasi Sistem Informasi Eksekutif

Ilustrasi (Pixabay) Sistem Informasi Eksekutif adalah sebuah sistem informasi yang di desain secara khusus untuk top level manajemen. Fungsinya cukup penting karena menyajikan data-data organisasi secara komprehensif, baik data yang bersumber dari internal organisasi maupun data dari luar organisasi. Kedua data ini tentu akan menjadi pegangan seorang pimpinan organisasi dalam menentukan langkah organisasi kedepan. Dalam prakteknya sistem informasi eksekutif   sering kali menyajikan data-data ringkas berupa grafik dan visual tertentu, tujuannya untuk memberikan informasi yang dapat dipahami dengan cepat. Beberapa hal yang harus tersedia di dalam sebuah sistem informasi eksekutif diantaranya adalah: Informasi berupa grafik atau visual lainnya yang mudah dipahami Alat penyesuaian data untuk mendapatkan data yang diinginkan Alat ukur berupa indikator untuk memudahkan pembacaan data Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sistem informasi eksekutif adal...