(Gambar 1: dari mbah Google) |
Lalu apa saja tahapan-tahapan tersebut ?
Ada 5 (lima) tahapan dasar dalam mengelola file dengan Drive, yaitu :
- Setup & Instalasi Client Drive (Optional)
- Mengelompokkan File
- Mengatur Hak Akses File
- Mencari File
- Upload/Download File
Pertama, kita masuk terlebih dulu ke halaman google drive dengan mengunjungi alamat https://drive.google.com atau bisa juga dengan cara memilih Drive pada panel aplikasi yang berada di sebelah kanan atas tampilan seperti pada gambar di bawah ini.
Pada langkah yang kedua, download file setup-nya. Untuk men-download-nya ada dua cara, yaitu cara yang pertama bisa langsung klik pada menu "Download Drive For PC" yang biasanya hanya tampil pada halaman awal akun drive yang baru dibuka.
Tapi jika teman-teman tidak menemukan menu tersebut, bisa dengan cara yang kedua dengan mengklik menu "Connect Drive to Your Desktop" (Update-an drive terbaru namanya berubah : " Install Drive for Your Computer") kemudian klik "Download Drive For PC".
Selanjutnya buka file googledrivesync.exe untuk menginstal secara otomatis google drive client. Jika muncul peringatan yang menyatakan bahwa ini merupakan aplikasi download internet, klik tombol "Run/Open" kemudian tunggu prosesnya sampai selesai.
Sambil menunggu proses download, kita bisa ngopi-ngopi dulu atau makan cemilan.., soalnya proses ini membutuhkan waktu sekitar 8 menit jika koneksi internet kita stabil.
Jika proses download sudah selesai, maka akan muncul tampilan awal kemudian kita tinggal klik tombol "Sign in now".
Untuk windows XP tampilan awalnya agak sedikit berbeda, tetapi perbedaannya hanya pada tombol "Sign in now" yang posisinya menjadi berada di sebelah kanan bawah.
Untuk langkah akhir, kita tinggal mengikuti instruksi yang muncul karena setelah sign in kita tinggal klik "Next" sampai selesai.
Nah.., jika semua prosesnya telah selesai maka secara otomatis folder Drive serta beberapa shortcut seperti google docs, google sheet dan google slides akan muncul di tampilan desktop kita.
Semua file/folder yang ada di dalam kategori My Drive pada akun Google Drive secara otomatis tersingkronisasi dengan folder Drive yang ada pada komputer kita.
Untuk proses upload/download pun kita tinggal copy-paste saja seperti halnya menyalin dari folder satu ke folder yang lain pada harddisk di komputer kita.
Nah.., untuk langkah-langkah pada tahap "Setup & Instalasi Client Drive" pun selesai. Sekarang kita bisa menggunakannya secara penuh dan efisien.
Selain di operating system Windows, client drive juga bisa diinstal pada operating sistem yang lain seperti Linux, Mac OS dan juga bisa diinstal di smartphone berbasis Android serta Apple.
Oh iya sedikit catatan, kenapa saya menulis (Optional) pada tahap yang ini ?
Karena sebenarnya tanpa menginstal client drive pun semua fasilitas Drive dapat digunakan dengan normal, hanya saja untuk mengaksesnya harus melalui web browser.
Tetapi jika menginstal client drive kita akan lebih dimudahkan dalam menggunakan fasilitas Drive. Karena Drive akan berada di explore berupa folder yang biasanya terletak pada My Documents dan desktop komputer. Jadi untuk mengakses file yang berada di google Drive akan semudah mengakses file yang berada di harddisk komputer kita tanpa perlu lagi melalui web browser.
So.., menurut saya ini merupakan tahap optional tetapi penting untuk diikuti karena akan memberikan berbagai kemudahan dalam mengakses Drive.
terima kasih
BalasHapus